Pemasaran Konten: Definisi, Fitur, Jenis, Keterampilan, Manfaat

Pemasaran-Konten-Definisi-Fitur-Jenis-Keterampilan-Manfaat

Dasar-dasar pemasaran konten
Buka baca cepat

Pemasaran konten adalah bentuk strategi pemasaran yang melibatkan pembuatan, pendistribusian, dan pendistribusian konten yang dapat menarik audiens yang tepat dan mengubahnya menjadi pelanggan. Biasanya, pemasaran konten mencakup pengetahuan, hiburan, atau informasi yang memberikan wawasan kepada pelanggan.
Fitur pemasaran konten

Pemasaran-Konten-Definisi-Fitur-Jenis-Keterampilan-Manfaat
Beberapa karakteristik pemasaran konten meliputi:

Biasanya konten harus berupa informasi, pendidikan, atau hiburan.
Konten harus relevan dengan audiens yang dituju dan tidak mengandung unsur negatif
Topik konten secara aktif dicari oleh audiens target
Mendorong dan memprovokasi reaksi dan interaksi seperti suka, berbagi, dan komentar.
Bangun loyalitas dan kepercayaan dengan audiens.
Beberapa konten dapat digunakan untuk menghasilkan prospek atau mengumpulkan prospek untuk prospek.

Jenis pemasaran konten

Berikut beberapa jenis pemasaran konten, termasuk yang berikut ini:
1. Artikel di blog

Artikel adalah kumpulan informasi yang dapat diakses di Internet. Biasanya, artikel sangat membantu meningkatkan lalu lintas situs web dan memengaruhi bagaimana situs web itu dikenali oleh orang-orang yang mengaksesnya. Artikel yang disukai orang Indonesia biasanya adalah artikel yang berisi tutorial atau pemahaman singkat tentang istilah atau topik tertentu.
2. Pemasaran Media Sosial

Pemasaran media sosial memiliki banyak bentuk. Di Indonesia sendiri, bentuk pemasaran media sosial yang sering digunakan adalah Instagram feeds, video di Youtube, shared link melalui Twitter atau Facebook dan sejenisnya. Jenis pemasaran konten ini semakin menarik perhatian karena hampir semua orang di Indonesia memiliki media sosial.
3. Email

Pemasaran konten dengan jenis email ini masih banyak digunakan oleh pelaku bisnis di Indonesia. Email telah terbukti efektif dalam mempertahankan dan menarik pelanggan. Perusahaan juga dapat secara teratur mengiklankan produk mereka melalui email.
Baca lebih lanjut: Transaksi

4. Infografis

Kecenderungan orang Indonesia untuk tidak suka menulis terlalu banyak menjadi alasan mengapa infografis lebih disukai. Selain data atau informasi yang tidak terlalu banyak dibaca, visualisasi berupa gambar dipastikan akan lebih menarik perhatian.
5. Buat meme yang berkualitas.

Bisa dibilang, content marketing jenis ini saat ini mulai populer di kalangan anak muda karena juga mengandung unsur-unsur yang menyenangkan, menghibur, dan penuh dengan pesan moral. Sifat konten meme sebenarnya menjadi viral dengan sangat cepat. Jika informasi sudah terdapat dalam konten meme yang cukup unik dan menarik, sebagian besar pengguna internet akan lebih cepat memperhatikannya dan membagikannya langsung di media sosial masing-masing. Meme juga lebih dikenal sebagai jenis pemasaran konten yang memperbarui dengan cepat topik yang sedang populer.
6. Jelaskan animasinya.

Biasanya konten jenis ini lebih sering digunakan untuk peluncuran merek atau produk baru. Animasi penjelasan juga dikenal luas sebagai media terbaik untuk menjelaskan sesuatu yang lebih rumit dan kurang menarik dalam waktu yang relatif singkat. Menggunakan penjelasan animasi untuk memperkenalkan merek Anda akan meningkatkan profesionalisme dan eksklusivitas merek Anda.
7. Menulis e-book.

Untuk membangun kepercayaan konsumen bahwa merek Anda, pada kenyataannya, adalah yang terbaik di setiap area mereka, pembuatan ebook adalah salah satu jenis konten yang berjalan sangat baik dalam kasus ini. Misalnya, sebuah perusahaan otomotif yang dapat menerbitkan buku tentang mobil yang memiliki tips, solusi, dll. Yang berkaitan langsung dengan dunia otomotif dan yang pasti mendapatkan rating yang lebih baik di mata konsumen karena telah menerbitkan e-book itu sangat berguna dan benar. – Sangat relevan dengan bisnisnya.
8. Evaluasi produk.

Hampir sama dengan Articles, namun product review lebih fokus pada penulisan review yang berbeda tentang produk Anda, dan yang menuliskannya berasal dari konsumen yang pernah menggunakan produk Anda atau bisa juga menjadi brand ambassador Anda. Tujuan penulisan review produk adalah sebagai referensi dan rekomendasi bagi sebagian orang yang belum pernah menggunakan produk Anda sebelumnya.
Baca lebih lanjut: Terapi Aktivitas Kelompok

9. Podcast

Memulai podcast akan membantu audiens Anda menemukan merek Anda ketika mereka tidak punya waktu atau minat untuk membaca konten setiap hari. Jumlah pendengar podcast meningkat pada tahun 2016, dengan sekitar 57 juta orang mendengarkan podcast setiap bulan

 

LIHAT JUGA :

https://tokopediaaplikasi.id/
https://urbanescapesusa.com/
https://multiply.co.id/
https://carbomark.org/
https://finbarroreilly.com/
https://littlehorribles.com/
https://haciati.co/
https://movistarnext.com/
https://ironmanfactory.com/
https://airborn.co.id/